Info

SELAMAT DATANG

www.harissoekamti.blogspot.com

My Profil

My Name Is haris himawan

;

Senin, 02 April 2012

Pengertian Mitos, Cerita Rakyat, dan Legenda berserta Contohnya




  1.  MITOS
     
Mitos mungkin lebih mirip sesuatu yang sifatnya tahayul atau memang hasil pemikiran manusia saja. Legenda adalah sebuah cerita yang berkisah jaman dahulu dan lebih meberikan kisah mengenai asal usul sesuatu bangunan atau daerah tertentu. Cerita rakyat, sebuah cerita yang masih dipercaya oleh sebagian rakyat yang menempati wilayah tertentu dan diceritakan sampe anak cucu mereka, namun berbeda dengan pengertian wikipedia.

Mitos : Sebuah imajinasi dari manusia yang berusaha untuk menerangka gejala alam yang ada pada saat itu. Namun, disebakan oleh keterbatsan manusia dalam menjelaskan hal tersebut sehingga cenderung diidentikkan dengan seorang dewa/dewi. tokoh misteri serta sesuatu yang berbau mistis.

  • Contoh nya :

- Pelangi yang dianggap sebagai jalan bidadari untuk dapat turun ke bumi.
- Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
- Cerita barong di Bali.
- Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
- Cerita Joko Tarub
- Cerita Dewi Nawangwulan
- Dan lain sebagainya.

  1. LEGENDA
Legenda : Yakni sebuah ceriata yang dirangkai secara turun temurun dan dipercayai oleh masyarakat karena terbukti secara logis dalam pendeskripsian ceritanya, cenderung mengemukakan kehadiran seorang tokoh yang dikaitkan dengan terjadinya suatu daerah.
Contohnya:

Tangkuban perahu yang berlokasi di kota Bandung, sebagai hasil perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan pinta calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri.
  • Contoh nya :
- Sangkuriang
- La Madukelleng
- William Tell
- Lutung Kasarung
- Dan lain sebagainya.

  1. CERITA RAKYAT
Cerita Rakyat : Merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi ini. salah satu contoh kisah rakyat yakni tangkuban perahu sebagai perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Kisah bawang merah dan bawang putih yang telah kita kenal sejak dahulu dapat menjadi salah satu contoh dalam hal ini.

- Malin Kundang
- Si Pitung
- Timun Mas

Beberapa alasan mengapa manusia mudah menerima mitos.

Keterbatasan pengetahuan manusia, pada umunya manusia memperoleh informasi dari cerita orang yang mengetahui akan suatu hal. Kemudian hal ini bepindah telinga kepada manusia yang lain. yang menjadi masalah adalah kebenaran tentang informasi atau pengetahuan yang muncul dan telah menyebar tersebut.
Keterbatasan manusia dalam menalarkan sesuatu, ini dikarenakan kemampuan berpikir manusia pada saat itu masih latih. Sehingga pemikiran yan dihasilkan dapat benar dan dapat pula salah.
Keingintahuan manusia yang telah terpenuhi untuk sementara, mengadung pengertian bahwa ketika manusia tlah mampu menalarkan sedikit hal yang ada dalam pikirannya maka disitulah letak kepuasan manusia yang diterimanya secara intuisi.
Keterbatasan alat indera manusia, selain beberapa hal diatas keterbatasan manusia terhadap bagaimana Ia menggunakan alat inderanay masih terbatas sehingga jangkauan yang sangat detail dalam suatu penciptaan hal yang baru masih bisa diragukan.

Sumber :
 


0 komentar: